Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Maandag 15 April 2013

Seperti apa sih postingan yang bagus itu? (1)

Blogdetik - blogdetik

Pertanyaan itu muncul dari beberapa blogger. Memang benar, bagus tidaknya sebuah postingan bisa jadi sangat subjektif. Bagi pembaca H mungkin sangat bagus. Namun bagi pembaca I sangat biasa, cenderung tak ada apa-apanya. Meski begitu tetap ada standarnya.
Juan L Mercado, seorang wartawan senior memberi petuah singkat, buatlah postingan yang sederhana. Menurut dia, untuk bisa menulis secara sederhana diperlukan dua hal: pengetahuan tentang teknik menulis dan penerapan teknis menulis itu secara tekun.
1. Menulis untuk mengungkapkan, bukan untuk mempengaruhi
Kita meulis karena memilik fakta untuk dilaporkan atau pendapat untuk disampaikan. Kita menginginkan supaya pembaca memahami apa yang ingin kita komunikasikan. Untuk itu kita harus bisa menyampaikan dengan cepat, ringkas dan efektif. Lupakan pesan moral untuk kali ini.
2. Berpikir dulu, baru menulis
Menulis secara jelas tidak terjadi secara kebetulan, melainkan hasil berpikir secara jelas. Apa sebenarnya yang ingin anda sampaikan? Untuk bisa berpikir lebih jelas, kita bisa membuat kerangkanya. Lalu kita mengumpulkan data-data. Selanjutnya mencari sudut pandang.
3. Pakailah kata-kata yang sudah diketahui
Salah satu cara untuk indikator postingan bagus adalah memakai kata-kata umum atau kata-kata yang sudah di ketahui. Agar pesan yang ingin kita sampaikan bisa langsung diterima pembaca tanpa mengerutkan dahi. Jika terpaksa, berilah keterangan di belakangnya atau dalam paragraf terpisah.
contoh
kata yang rumit kata yang umum
akses masuk
kontribusi memberi
mayoritas sebagian besar

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © ITHA PUJI //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //